KH Sobri Lubis Dipanggil Polisi Soal Dugaan Kasus Makar

Foto: Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) KH. Ahmad Shobri Lubis

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Front Pembela Islam KH Sobri Lubis rencananya akan dipanggil kepolisian terkait dugaan makar. Dalam surat Panggilan bernomor : SPgl/9325/IX/2019/Ditreskrimum, Sobri dipanggil sebagai saksi pada Rabu (11/09/2019) ke Polda Metro Jaya.

“Belum tau detailnya karena kasus apa, besok baru dipanggil panggilan pertama,” ujar Aziz Yanuar, Kuasa Hukum Sobri Lubis dari Bantuan Hukum Front (BHF) melalui sambungan telepon, Selasa (10/09/2019) sore.

Aziz mengungkapkan, Laporan dugaan makar terhadap Ketua Umum FPI ini dibuat oleh Suriyanto. Menurutnya, Suriyanto beberapa waktu lalu juga melaporkan para pihak yang dinilai kontra dengan pemerintah saat ini.

“Si pembuat laporan ini sering digunakan – dengan tanda kutip- untuk membidik aktifis islam. Pelapor ini juga melaporkan kalau saya tidak salah melaporkan Eggy Sudjana, juga melaporkan Prabowo Subianto,” ujar Aziz.

Ia menyebut, pelaporan dan pemanggilan KH Sobri Lubis ini untuk mengalihkan isu mengenai Papua yang masih hangat belakangan ini. Aziz pun menduga, awal mula pelaporan ini karena ada ceramahnya KH Sobri Lubis yang dinilai tidak tepat. “Dugaan kita karena ceramahnya dia (Sobri.red),” ujar Aziz.

Untuk kehadiran yang bersangkutan besok di Polda Metro Jaya, Aziz mengungkapkan Ketua Umum FPI ini kemungkinannya tidak akan hadir.

Surat pemanggilan terhadap KH Sobri Lubis dikeluarkan Ditreskrimum bertanggal 9 September 2019 di Jakarta. Sobri diminta hadir ke Unit I Subditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada hari Rabu (11/09/2019) pada pukul 10.00 WIB.

BACA JUGA  Lieus Sungkharisma: Tangkap Dalang Rusuh Papua Dong, Masukin Sel Tikus!

Dalam surat pemanggilan itu, Sobri diminta menjadi saksi terhadap dugaan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap, sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 KUHP juncto pasal 87 KUHP dan atau pasal 14 ayat (1) dan ayat (20) dan atau pasal 15 Undang-undang RI nomor 1 tahun 1946, tentang Peraturan Hukum Pidana.

Menurut surat panggilan itu, dugaan tindak pidana makar itu terjadi pada tanggal 17 April 2019 di jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

One comment on “KH Sobri Lubis Dipanggil Polisi Soal Dugaan Kasus Makar”

  1. Mr doom

    Saya, bosan, sampai kapan umat kita seperti ini, saya punya uang, saya bisa saja, beli beer, Heineken, saya bisa saja bersenang senang dg hidup saya, tapi saya takut dg tuhan saya.
    Lagi pula raga kita tdk cukup jika digunakan untuk senang2 di dunia yg fana ini.
    Saya menunggu bertahun2, semoga Allah memberi pertolongan. Kpd kita, supaya kita bisa bersatu, berjihad, dg harta dan jiwa, bukan hanya dg alasan jihad hawa nafsu saja, padahal sebenarnya, saking terlalu cinta dunia, cinta keluarga, cinta istri, cinta anak, cinta rumah, cinta tanah, cinta kedudukan, atau cinta mobil kita. Silakan direnungkan, meskipun saya yakin, tidak akan direnungkan kecuali tuhan menghendaki. Dunia ini tidak bisa dinikmati kecuali mengorbankan surga yg sudah lama menanti. Apakah nabi kalian tidak khawatir, kalau kalian tidak akan mau mengangkat pedang lagi?..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

MS Kaban: Negara Rugi Jika FPI Dibubarkan

Indonesia - Jum'at, 09/08/2019 19:30