Perkuat Jaringan Pemuda ASEAN, KAMMI Malaysia Resmi Dilantik

Foto: kammi malaysia

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Ibadurrahman, melakukan pelantikan Pengurus KAMMI Malaysia pada Sabtu malam (05/10/2019) di Resepi Timur Eastern Food, Shah Alam Malaysia. Proses pelantikan KAMMI Malaysia ini merupakan bentuk tindak lanjut dari berbagai aliansi kepemudaan yang diinisiasi KAMMI di level ASEAN.

Menurutnya, KAMMI telah bersinergi dengan elemen kepemudaan Malaysia dalam ASEAN Young Leaders Forum.

“Hubungan baik telah dijalin dengan IKRAM Siswa Malaysia, Angkatan Muda Malaysia dan Gamis Malaysia. Pelantikan KAMMI Malaysia ini akan jadi modal penting untuk penguatan kerjasama pemuda kawasan,” ujar alumnus LIPIA tersebut kepada kiblat.net melalui siaran persnya pada Senin (07/09/2019).

Sementara itu Ketua KAMMI Malaysia terpilih, Adnan Kasofi, berharap KAMMI Malaysia dapat aktif menguatkan jaringan internasional. Ia menegaskan bahwa dengan adanya ekspansi KAMMI di luar negeri, harapannya KAMMI Malaysia dapat menguatkan akses jaringan internasional.

“Terutama dalam pembentukan sumberdaya manusia melalui akses pendidikan, bisnis dan profesional,” ungkap alumnus Master International Business – National Cheng Kung University itu.

Adnan kemudian menjelaskan nilai strategis Malaysia dalam sektor pendidikan di kawasan ASEAN. Ia memaparkan bawha Pada 2019 Terdapat empat universitas Malaysia yang masuk dalam 10 besar daftar Southeast Asia’s Best Universities.

“Tren positif ini berdampak pada meningkatnya jumlah mahasiswa asing di Malaysia yaitu 170 ribu orang dari 162 negara di seluruh dunia, dan 11 ribu orang diantaranya berasal dari Indonesia. Data ini menunjukkan Malaysia punya posisi cukup penting dalam sektor pendidikan global,” ucapnya.

BACA JUGA  Pengangkatan Puan Sebagai Ketua DPR Bentuk Nepotisme? Ini Kata Pengamat Politik

Meski demikian, KAMMI Malaysia akan tetap bersinergi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia yang berada di Malaysia. KAMMI Malaysia akan menjalin hubungan baik terutama dengan PPI Malaysia sebagai wadah bersama pelajar Indonesia.

“Selain itu KAMMI Malaysia akan membuka komunikasi dengan dua cabang ormas Islam terbesar yaitu PCINU Malaysia dan PCIM Malaysia,” tegas Adnan.

Setelah pelantikan KAMMI Malaysia ini, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI berencana akan melakukan deklarasi di beberapa negara Eropa dan Afrika.

“Pada bulan Oktober dan November 2019 ini akan segera dideklarasikan cabang luar negeri KAMMI di Rusia, Sudan dan Mesir. Hal ini sesuai dengan visi global diaspora KAMMI yang ingin menjadi gerakan kepemudaan yang memiliki jaringan berskala global,” pungkas Ibadurrahman.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

KAMMI Desak Jokowi Segera Selesaikan Polemik KPK

Indonesia - Senin, 16/09/2019 15:48