Tujuh Tentara PBB Tewas dan Terluka Dalam Dua Serangan Berbeda di Mali

KIBLAT.NET, Bomakoo – Seorang tentara PBB tewas dan enam lainnya terluka dalam dua serangan berbeda di Mali pada Ahad (06/10/2019). Belum diketahui kelompok yang bertanggung jawab namun diduga kuat jihadis.

Juru bicara Pasukan Perdamian PBB di Mali (Minousma), Olivier Salgado, menjelaskan dua serangan itu berupa penyergapan bersenjata dan lainnya bom pinggir jalan.

Dalam pernyataannya melalui Facebook, seperti dinukil Sky News Arabia, serangan bom pinggiran jalan terjadi ketika pasukan PBB menggelar patroli keamanan di dekat Aghlok, timur laut Mali, pada Ahad pagi. Bom itu meledak saat mobil pasukan patrol melintas. Akibatnya, satu tentara tewas dan empat lainnya terluka.

Di saat yang sama di kota Bandiagara, Mali tengah, pasukan helm biru itu diberondong tembakan. Satu tentara kritis sehingga harus dievakuasi segera.

Beberapa hari sebelumnya di Aghlok, setidaknya 11 tentara Chad yang bertugas di bawah paying PBB tewas dalam serangan kelompok jihadis. Jama’aah Nusratul Islam wal Muslimin (JNIM) bertanggung jawab atas serangan itu.

Presiden Minousma, Mohamed Salah Nadhif, mengutuk serangan yang menargetkan pasukannya itu. Ia mengatakan: “Saya sangat mengutuk serangan semacam itu baru-baru ini, terutama di Mali tengah”.

Mali Utara berada di bawah kendali kelompok-kelompok yang terkait dengan Al-Qaidah pada awal 2012, sementara seluruh wilayah Mali tetap berada di luar kendali pemerintah.

Kelompok-kelompok jihadis yang aktif di wilayah itu terus menargetkan pasukan pemerintah, PBB dan Prancis. Mereka menilai kehadiran pasukan asing itu penjajahan.

BACA JUGA  Mali: 25 Tentara Tewas dan 60 Hilang Akibat Serangan Kelompok "Ekstremis"

Sumber: Sky News Arabia
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Inggris Akan Kirim Pasukan ke Mali

Afrika - Selasa, 23/07/2019 09:33

Peluru Hujani Kamp Militer Mali, 10 Tentara Tewas

Afrika - Senin, 22/04/2019 09:12