KH Luthfi Basori Nilai Penolak Muslim United Kelompok Liberal

Foto: KH Luthfi Basori

KIBLAT.NET, Jakarta – Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori menegaskan bahwa yang menolak digelarnya acara Muslim United adalah orang liberal. Menurutnya, kelompok liberal lah yang tidak menginginkan umat Islam bersatu.

“Yang saya tau selama ini kelompok-kelompok yang semacam itu (menolak.red) lebih banyak didominasi oleh kelompok liberal. Kelompok liberal ini sekarang kalau saya katakan bergentayangan dimana-mana. Di ormas-ormas Islam juga ada,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (09/10/2019).

“Ini kelompok liberal ada disana semuanya, dan kelompok liberal itu alergi terhadap persatuan atau terhadap istilahnya bermitra dengan orang-orang non muslim,” sambungnya.

Bahkan, ia menyebutkan bahwa kelompok liberal ada di ormas Islam besar seperti NU dan Muhammadiyah. Saya, kata dia, katakan dua ormas ini karena yang terbesar di Indonesia. “Bahkan, kelompok liberal juga aktif di politik,” tuturnya.

Menurutnya, semua agama-agama selain Islam itu punya misi masing-masing. Misi itu kemudian, lanjutnya, ditampung oleh pemikiran-pemikiran liberal.

“Sehingga dijadikan suatu momen bersama di kalangan orang-orang non muslim dengan kaum liberal untuk menjadi phobia terhadap Islam,” pungkasnya.

Ia juga menceritakan bahwa di Malaysia juga ada kelompok-kelompok liberal. Bahkan, dalam bahasa mereka lebih dikatakan kelompok sekuler. Walaupun kalau menurut saya sekuler lebih dominan kepada politik.

“Di Malaysia juga begitu. Jadi aktifis-aktifis muslim ini mendapatkan tekanan. Tekanan dari berbagai macam itu khususnya dari dunia politik, dari dunia dakwah, begitu. Hampir sama,” tukasnya.

BACA JUGA  Editorial: Wamena, Merdeka, dan Darah Saudara Kita

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga