Turki Kembali Fungsikan Masjid Peninggalan Ottoman di Eropa Selatan

KIBLAT.NET, Ohrid – Pemerintah Turki kembali memfungsikan masjid bersejarah Ali Pasha di kota Ohrid, Republik Makedonia Utara, Eropa Selatan. Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 107 tahun, suara azan kembali terdengar dari menara masjid pada Kamis (28/11/2019).

Masjid yang dibangun pada era Kerajaan Ottoman atau Turki Utsmani itu dibuka kembali setelah pekerjaan restorasi, yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Wakaf Turki, selesai.

Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Madedonia Utara Ahmet Mesbah Demirgan, Direktur Jenderal Wakaf Adnan Artam dan Wakil Kepala Departemen Agama Turki Burhan Eşilian turut menghadiri upacara pembukaan kembali masjid yang menaranya hancur akibat perang Balkan (1912-1913) itu.

Upacara pembukaan juga dihadiri oleh Duta Besar Turki di Skopje Tulin Erkal Kara, Presiden Uni Islam Makedonia Utara Suleiman Rajabi dan Mufti Ohrid Samad Haidar.

Dalam pidatonya, Demirjan menyampaikan salam warga Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan kepada warga Republik Makedonia Utara.

Pada pembukaan, Artam mengatakan mereka terus bekerja untuk menghidupkan kembali warisan leluhur Balkan, atas instruksi Presiden Erdogan.

Masjid ini adalah salah satu monumen bersejarah peninggalan Kerajaan Ottoman di Balkan, dan dibangun atas perintah “Suleyman Pasha” pada 1573.

Pada tahun 1823, masjid ini kembali direstorasi atas perintah menteri Beograd, Ali Pasha Marshali, tetapi menara masjidnya hancur selama perang Balkan pada tahun 1912.

BACA JUGA  Selama Idul Fitri, Tiga Masjid di Jerman Terima Surat Ancaman

Restorasi masjid dilakukan pascaditandatanganinya kesepakatan antara Direktorat Jenderal Yayasan Turki dan Pimpinan Uni Islam Makedonia Utara pada 1 April 2015. Restorasi tidak mengaubah desain aslinya.

Proyek restorasi menelan biaya sekitar 14 juta TL (sekitar $ 2,5 juta).

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

One comment on “Turki Kembali Fungsikan Masjid Peninggalan Ottoman di Eropa Selatan”

  1. Hanya presiden turki yg mua di tekan AS

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Generasi Pendahulu: Generasi yang Unik

Manhaj - Kamis, 28/05/2020 21:12

Masjid di Gaza Hanya Dibuka untuk Shalat Jumat

Palestina - Kamis, 28/05/2020 16:18