Kantor Konsulat Iran di Najaf Kembali Dibakar Massa

Foto: Massa membakar kantor konsulat Iran di Najaf, Irak, beberapa hari lalu.

KIBLAT.NET, Najaf – Orang-orang tak dikenal membakar gedung konsulat Iran di kota Najaf, Irak, pada Ahad (01/12/2019). Ini merupakan pembakaran kedua dalam waktu kurang dari sepekan.

Sumber keamanan Irak menunjukkan bahwa orang-orang yang membakar konsulat, melarikan diri, sebelum kedatangan pasukan keamanan ke tempat itu.

“Tim pertahanan sipil saat ini berusaha mengendalikan api,” katanya, seraya menambahkan bahwa konsulat itu benar-benar kosong ketika dibakar.

Ini adalah kedua kalinya kantor konsulat Iran di Najaf dibakar dalam empat hari. Kebakaran pertama merusak sebagian besar gedung.

Setelah kebakaran pertama, pasukan keamanan Irak menghadapi para demonstran dengan kekerasan ekstrem di Najaf dan Dhi Qar. Tindakan represif itu menyebabkan jumlah kematian tertinggi dalam dua bulan protes, dan menewaskan 70 demonstran dalam dua hari.

Demonstran sebelumnya menuduh partai-partai pro-Iran dan pasukan keamanan menyerang demonstran dan menembaki massa secara langsung.

Kementerian Luar Negeri Irak mengutuk serangan pertama terhadap konsulat Iran di Najaf.

Kementerian mengatakan pada saat itu bahwa “tujuannya jelas adalah untuk merusak hubungan historis antara Irak dan Iran, serta dengan seluruh dunia.”

Kementerian menambahkan bahwa misi diplomatik yang beroperasi atas dasar Irak sangat dihormati dan dihargai. Insiden itu tidak mewakili pandangan resmi.

Di sisi lain, Iran mengecam kata-kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi, insiden serangan terhadap Konsulat Jenderal Iran di Najaf. Teheran meminta pemerintah Irak mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab, tegas dan efektif dalam menanggapi para penyerang dan penyabot.

BACA JUGA  Data Resmi: 460 Orang Tewas dalam Aksi Protes di Irak

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Lagi, Bom Beruntun Guncang Ibukota Irak

Irak - Selasa, 27/09/2016 09:52