Pria Ini Rela Nge-camp di Monas Demi Tepat Waktu Ikuti Reuni 212

Foto: Oki Kristanto, peserta Reuni 212 asal Bogor yang rela bermalam di tenda agar tepat waktu ikuti acara. (Jundii/kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Demi mengikuti acara Reuni 212, Oki Kristanto (37) membawa seluruh anggota keluarganya ke Monumen Nasional, Jakarta sejak Ahad (01/12/2019) malam.

Meski sempat basah kuyup diguyur hujan saat ke Stasiun Bogor dari rumahnya di Parung, Oki tetap meneguhkan hati untuk mengikuti acara yang menurutnya merupakan momen persatuan umat Islam.

Tidak seperti para peserta Reuni 212 pada umumnya yang bermalam di masjid-masjid sekitar Monas atau datang di  hari Senin pagi ketika acara sudah berjalan, Oki memilih menginap di area Monas menggunakan tenda.

Meski tak terlalu besar, hanya berkapasitas 3-4 orang, Oki bersyukur tenda yang dibawanya bisa menjadi perantara dirinya mengikuti acara Reuni 212 sejak awal dimulai.

“Pengalaman kami, di tahun sebelumnya, datang jam sembilan, baru bisa masuk kawasan Monas sekitar jam dua belasan. Jadi saya memutuskan bawa tenda dan bermalam di sini untuk ikut tahajud bersama,” jelas Oki.

Bukan hanya Oki dan istrinya saja, ia juga membawa serta kedua anaknya yang belum genap berumur delapan tahun. Menurutnya, sejak kecil anak-anak harus diajari makna persatuan dan familiar dengan gerakan umat Islam.

Ia pun sempat terbata-bata ketika kami menanyakan pendapatnya perihal Reuni 212. Terlihat campur aduk emosi di wajahnya; sedih, haru, bangga, dan mungkin geram.

“Ini persatuan umat Islam. Selalu ada tiap tahun, karena negara mungkin negara tidak bersama rakyat,” ujarnya.

BACA JUGA  Fadli Zon Kritisi Pemerintah Terkait Isu Keagamaan

Satu hal yang pasti yang membuatnya hadir ke Monas hari ini, rela basah kuyup-hingga kering lagi, bermalam di hamparan kawasan Monas adalah persatuan Umat Islam.

“Tergerak hati kami. Rindu persatuan Umat Islam,” ujarnya singkat, pelan, dan sorot matanya menyiratkan emosi yang berkecamuk.

Tak jauh dari tenda Oki, berdiri juga tenda-tenda lain di area Monumen Nasional, ada yang didirikan oleh posko kesehatan, atau juga para jama’ah pengajian.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Peserta Reuni 212 Ini Keluhkan Ghirah Persatuan Menurun

Indonesia - Selasa, 03/12/2019 15:00

PKS: Kembalinya Habib Rizieq Tugas Negara

Indonesia - Senin, 02/12/2019 12:37