Bangladesh Tak Izinkan Anak-anak Rohingya Sekolah Layak

KIBLAT.NET, Dhaka – Organisasi pemantau HAM internasional, Human Right Watch, mengatakan bahwa pemerintah Bangladesh tidak mengizinkan ratusan ribu anak-anak pengungsi Rohingya mengakses pendidikan layak di negara itu. HRW menyeru pemerintah Dhaka mencabut pembatasan pendidikan di kamp-kamp pengungsi.

Dalam sebuah laporan berjudul “Apakah Kita Bukan Manusia?”, organisasi itu menuduh pemerintah Bangladesh melanggar hak atas pendidikan bagi sebanyak 400.000 anak-anak Rohingya di kamp-kamp pengungsi di Cox’s Bazar.

“Penolakan seluruh generasi pendidikan tidak menjadi perhatian siapa pun,” kata Bill van Ezelfeld, asisten direktur hak-hak anak di HRW kepada Reuters.

Sebanyak 760.000 lebih Muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh sejak 2017. Mereka mengungsi menyusul kampanye militer Myanmar terhadap perjualangan perlawanan Rohingya.

HRW melaporkan bahwa Bangladesh mencegah para pengungsi Rohingya bersekolah di luar kamp atau berpartisipasi dalam ujian resmi. Badan-badan PBB dan kelompok-kelompok bantuan asing juga telah dicegah untuk memberikan pendidikan yang terakreditasi dan diakui.

Organisasi itu juga menuduh Myanmar tidak setuju untuk mengakui penggunaan kurikulum resminya di kamp-kamp pengungsi Rohingya.

Ketua Komite Bantuan dan Pemulangan Rohingnya milik pemerintah Bangladesh, Mahboob Alam Talukder, membantah bahwa anak-anak Rohingya tidak berpendidikan. Ia mencatat bahwa 4.000 anak belajar di pusat-pusat di dalam kamp.

“Rohingya harus kembali ke Myanmar. Mereka bukan warga negara kami dan kami tidak dapat mengizinkan mereka menggunakan kurikulum resmi kami,” katanya kepada Reuters.

BACA JUGA  Dikhawatirkan Tenggelam, Puluhan Rohingya Ternyata Berhasil Mendarat di Malaysia

Sumber: Reuters/BBC
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga