Fraksi PKS DPRD Sulteng Ajak Masyarakat Membela Muslim Uighur

Foto: Wiwik Jumatul Rofi'ah S.Ag, MH, Ketua Fraksi DPRD Sulawesi Tengah

KIBLAT.NET, Palu – Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan sejumlah sikap terkait masalah yang terjadi di Uighur.

Wiwik Jumatul Rofi’ah S.Ag, MH, Ketua Fraksi DPRD Sulawesi Tengah menghormati kedaulatan dan keutuhan Tiongkok sebuah negara. Namun menurutnya harus memastikan tegaknya Hak Asasi Manusia (HAM) atas persoalan etnis Uighur khususnya muslim Uighur di Xinjiang.

“Kebebasan beragama merupakan salah satu hak asasi manusia yang paling dasar sehingga Tiongkok harus menjunjung tinggi ajaran Falsafah, kearifan dan konfusianisme diantaranya sikap saling hormat terhadap sesama dan itu harusnya ajaran itu tergambar dalam sikap mereka terhadap warga Uighur”, ungkapnya kepada Kiblat.net.

Ia menegaskan bahwa secara politik DPP PKS dan Fraksi PKS DPRD Sulawesi Tengah terus mendorong pemerintah RI untuk segera melakukan langkah-langkah seperti jalur diplomatik untuk memastikan penghormatan Ham bagi etnis muslim Uighur.

“Tak lupa kami juga mengajak seluruh fraksi yang ada di DPRD Sulteng agar mengeluarkan sikap terhadap apa yang terjadi di Uighur”, imbuhnya.

Legislator yang akrab disapa Wiwik itu menjelaskan bahwa Indonesia penduduk mayoritasnya adalah muslim. Maka sudah sepatutnya ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan etnis muslim Uighur yang Hak asasinya diambil oleh Pemerintah Cina.

“Indonesia sebagai negeri dengan jumlah terbesar seharusnya perlu lebih proaktif dalam memainkan peran untuk memperjuangkan keadilan bagi etnis muslim Uighur sebagaimana amanat konstitusi kita sesuai politik luar negeri kita yang bebas aktif”, jelas Wiwik.

BACA JUGA  PKS: Dr. Ahzami Ulama yang Aktif Dakwah Membimbing Umat

Reporter: Salam Abdurrahman
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga