Ustadz Farid Okbah: Tujuan Pendidikan adalah Melahirkan Generasi Rabbani

Foto: Ustadz Farid Ahmad Okbah (Foto: Taufik)

KIBLAT.NET, Bekasi – Ketua Yayasan Pesantren Tinggi Al-Islam, Ustadz Farid Ahmad Okbah menegaskan bahwa tugas para pendidik adalah menciptakan generasi rabbani. Menurutnya, majunya teknologi hari ini hanya menjadi sarana untuk menuju ke hal tersebut.

“Tujuan pendidikan adalah melahirkan generasi rabbani, apapun teknologinya dan keadaanya. Karena sains dan teknologi hanya untuk meningkatkan sarana,” katanya di Pesantren Tinggi Al-Islam, Bekasi pada Rabu (25/12/2019).

Ia juga menegaskan bahwa jika teknologi sebagai tujuan, maka yang didapat adalah kehancuran. Ustadz Farid menilai, orang kafir menjadikan teknologi sebagai tujuan yang akhirnya banyak bunuh diri.

“Jadi bukan tujuan, keliru kalau orang menjadikan teknologi sebagai tujuan. Mengapa orang kafir bunuh diri? Setelah mencapai tingkatan begitu hebat tapi ujungnya kosong, fatamorgana,” tuturnya.

Ia juga mengaku kagum dengan Presiden Ketiga Indonesia, BJ. Habibie karena menyebutkan bahwa imtaq (iman dan taqwa) lebih penting daripada iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). “Sekarang banyak orang tergiur kepada teknologi, padahal itu cuma sarana dan bisa dibeli,” ujarnya.

Dai yang juga inisiator MIUMI ini menilai, menurut Imam nawawi ada empat cara untuk meraih kejayaan umat. Pertama, apabila ulama menyiapkan kader. Kedua, penguasa yang sholeh dan sadar mendukung gerakan Islam.

“Ketiga, pengusaha berderma, maka jangan jadi pengusaha pelit. Ketiga, doa para fuqoro dan masakin. saya menambahkan dua, kader kader yang mumpuni harus disiapkan dan road map kedepan harus ada strategi kedepan,” pungkasnya.

BACA JUGA  RSPI Sulianti Saroso Kewalahan Tes Virus Corona

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Ust. Farid Okbah, MA : Mereka yang Dijamin 8 Pintu Surga

Video Kajian - Sabtu, 22/06/2019 10:00

Ust. Farid A. Okbah, MA: Perlukah Istilah Kafir Dihapus?

Video News - Senin, 04/03/2019 12:45

Ust. Farid A. Okbah, MA: Inilah 3 Jenis Ulama.

Video Kajian - Senin, 17/12/2018 11:15