Ini Alasan MUI Pilih Bangka Belitung Jadi Tempat KUII IV

Foto: Konpres anggota MUI

KIBLAT.NET, Jakarta – Kongres Umat Islam Indonesia ke VI akan dilakukan pada tanggal 26-29 Februari di Bangka Belitung. Salah satu alasan pemilihan Babel sebagai tempat Kongres karena adanya potensi halal lifestyle yang merupakan andalan umat Islam Indonesia.

Amirsyah Tambunan, Wakil Ketua Organizer Commitee (OC) KUII VI menyebut bahwa Babel memiliki potensi wisata halal. Karenanya, dengan KUII VI ini, diharap bisa mempromosikan wisata halal Babel baik secara Nasional maupun Internasional.

“Pemilihan ini sekaligus promosi wisata halal, baik lokasi, kuliner dan juga upaya kita meningkatkan pendapatan nasional,” ujarnya di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Kamis (9/1/2020).

Zaitun Rasmin, Ketua OC menyebut, selain destinasi wisata halal, Babel dianggap memiliki kesiapan untuk menjadi tuan rumah gelaran akbar ini. Terlebih, sebelum terlaksananya KUII VI, Semua restoran di Babel berusaha untuk memiliki sertifikat halal.

“Mereka berharap sebelum kongres ini semua resto sudah memiliki sertifikat halal. Itu menjadi salah satu yang menarik kaitannya dengan kongres di sana,” ujarnya.

Wasekjen MUI Najamuddin Ramly menambahkan, Gubernur Babel yang merupakan Pioneer kesiapan Babel menyambut KUII VI berharap provinsi nya menjadi contoh bagi provinsi lain untuk menerapkan budaya hidup halal.

“Ini menjadikan ikhtiar beliau sebagai amal jariyah, sehingga provinsi kepulauan Babel menjadi provinsi terdepan yang mengimplementasikan budaya kemudian juga gaya hidup halal,” ujar Najamuddin.

BACA JUGA  Kemendagri Layani Dokumen Adminduk Masyarakat Akibat Bencana Alam

Menurut Najamuddin, Indonesia menjadi kiblat bagi dunia dalam konteks dimensi halal yang bukan hanya makanan, tapi juga fashion, ekonomi, gaya hidup, politik, dan juga pergaulan.

“Indonesia ini menjadi kiblat seluruh kehidupan halal. Sehingga nanti KUII ini menjadi barometer, dan kita pimpinan MUI ini akan merumuskan kriteria halal,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Sikapi Banjir, MUI Imbau Masyarakat Saling Membantu

Indonesia - Kamis, 02/01/2020 13:39

MUI Minta Sistem Politik Indonesia Dievaluasi

Indonesia - Rabu, 01/01/2020 13:04