Operasi Taliban Kembali Tewaskan Dua Tentara AS

Foto: Tentara Amerika Serikat/ilustrasi

KIBLAT.NET, Kandahar – Aliansi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) mengumumkan dua tentara Amerika tewas akibat ranjau yang dipasang oleh pejuang Imarah Islam Afghanistan (Taliban) pada Sabtu (11/01/2020) di Kandahar. Ranjau itu menghantam kendaraan militer AS.

NATO mengatakan dalam pernyataannya ke media bahwa pihaknya masih menyembunyikan identitas dua tentara tersebut sampai selesainya pemberitahuan keluarga mereka, sesuai dengan kebijakan Departemen Pertahanan AS (Pentagon).

Serangan itu terjadi di distrik Dand, dekat kota Kandahar, menurut juru bicara kepolisian provinsi Jamal Naseer Barzai.

Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban, mengumumkan bahwa gerakannya bertanggung jawab atas serangan ini. Ia mengklaim seluruh penumpang kendaraan tersebut tewas.

Taliban dan Washington tidak melanjutkan pembicaraan setelah perundingan mereka terakhir di Doha beberapa pekan lalu. Perundingan di Qatar itu masih belum menghasilkan kesepakatan lanjutan.

Negosiasi sempat ditangguhkan pada pertengahan Desember setelah serangan di pangkalan udara yang dioperasikan oleh pasukan AS. Pembicaraan terhenti untuk pertama kalinya pada September setelah serangan Taliban di ibu kota, Kabul, yang menewaskan 12 orang, termasuk seorang prajurit AS.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Serangan Taliban terhadap Pasukan Pemerintah Meningkat

Afghanistan - Kamis, 02/01/2020 10:12

Taliban-AS Dilaporkan Sepakati Gencatan Senjata Sementara

Afghanistan - Senin, 30/12/2019 10:25