Ramai Hoaks Siswi Ucapkan Ultah di-DO, Sekolah: Pemicunya Judul Pemberitaan

Foto: SMP IT Nur Hidayah Surakarta

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Yayasan SMP IT Nur Hidayah, Dr. Wiranto mengatakan bahwa pasca kasus siswi yang dikembalikan kepada orang tua, sekolahnya mendapat sorotan masyarakat. Pasalnya, banyak media yang memberitakan bahwa siswi dikeluarkan karena mengucapkan selamat ulang tahun.

“Empat hari ini salah satu sekolah yang kami dirikan dan kelola menjadi trending topic di portal berita online dan social media. Pemicunya adalah media yang memberitakan bahwa SMP IT Nur Hidayah Surakarta mengeluarkan siswa karena mengirim ucapan ulang tahun,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Selasa (14/01/2020).

Menurutnya, berita tersebut langsung disambut oleh netizen. Bahkan ada anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta yang ikut memberikan komentar, tanpa mau melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

“Konon kata alumni, berita ini menjadi berita terpopuler nomor 2 di salah satu portal berita online,” sambungnya.

Ia membantah jika sekolahnya mengeluarkan siswi karena mengucapkan selamat ulang tahun. Yang benar adalah, kata Wiranto, sekolah mengembalikan si anak kepada orang tuanya karena dia sudah melakukan banyak pelanggaran, poinnya sudah melampaui batas.

“Proses pembinaan pun sudah dilakukan, komunikasi sekolah dengan orang tua juga berjalan baik. Orang tua pun sudah menerima keputusan tersebut dengan legowo,” ujarnya.

Pihaknya tidak mengetahui kenapa banyak media memberitakan secara tendensius. Padahal, sampai hari ini orang yang menjadi sumber berita tidak pernah mau memberikan penjelasan. “Informasi yang kami terima, dia guru les dari si anak dan aktivis LSM,” ujarnya.

BACA JUGA  Kabar Siswi di Solo Dikeluarkan karena Ucapan Ultah Hoaks

Dihubungi terpisah, Kepala Sekolah SMP IT Nur Hidayah, Zuhdi Yusroni menyayangkan pihak yang tidak melakukan klarifikasi. “Seharusnya dibudayakan tabayyun. Jika seperti ini, dampaknya juga bisa ke anak yang bersangkutan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga