Soal Deradikalisasi, Dekan Fisipol UKI: Kita Belum Dengar Kisah Sukses dari BNPT

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Dekan Fisipol Universitas Kristen Indonesia (UKI), Angel Damayanti Ph.D menyinggung soal program deradikalisasi yang telah lama dilaksanakan oleh Badan Nasional Penaggulangan Teroris (BNPT). Menurutnya sampai saat ini belum terdengar kisah suksesnya deradikalisasi dari BNPT.

“Nah ini nih, kita belum denger success story-nya dari BNPT, yang program deradikalisasinya bagaimana sebenarnya, memang sudah ada beberapa yang katakanlah dipenjara, atau yang kemarin pulang, 17 WNI pulang dari Irak- Suriah. Mungkin berhasil, cuman kelihatannya pemerintah atau BNPT dalam hal ini perlu lebih banyak menceritakan success story-nya atau programnya apa sih yang mereka,” ungkap Angel saat ditemui Kiblat di Rumah Daksha, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/02/2020).

Angel mengatakan, walaupun deradikalisasi adalah suatu hal yang sedikit rahasia, akan tetapi  paling tidak warga masyarakat perlu diyakinkan oleh BNPT atau pemerintah bahwa mereka  sanggup melakukan  deradikalisasi.

“Paling tidak BNPT atau pemerintah punya statemen bahwa  bagian mana yang masih bisa dideradikalisasi atau mengikuti program deradikalisasi dari pemerintah dan bagian mana atau kelompok mana yang sudah nggak bisa sama sekali, dan kita jangan coba-coba mengembalikan mereka ke Indonesia, misalnya gitu,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan Abdul Hadi

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Kemenag Awasi Pesantren Terindikasi Radikal

Indonesia - Jum'at, 22/11/2019 15:04

Jadi Mitra BNPT, Kemendagri Pantau Kelompok Radikal

Indonesia - Selasa, 12/11/2019 12:33