AS Umumkan Gencatan Senjata Sepekan dengan Taliban

Foto: Menhan AS Mark Esper (kiri) bersalaman dengan koleganya asal Afghanistan Asadullah Khalid (kanan)/AFP

KIBLAT.NET, Ankara – Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, Kamis (13/02/2020), mengumumkan bahwa negaranya telah mencapai kesepakatan gencatan senjata selama sepekan dengan Taliban.

Esper mengatakan, dalam jumpa pers setelah pertemuan para menteri pertahanan negara-negara anggota NATO, Amerika Serikat dan Taliban membahas proposal untuk mengurangi kekerasan selama seminggu. Dia juga mengatakan pembicaraannya dengan para koleganya di NATO membuahkan hasil “konstruktif.”

Ia menambahkan, kami selalu mengatakan bahwa solusi terbaik di Afghanistan, jika bukan satu-satunya, adalah solusi politik. Kami telah membuat kemajuan pada tingkat ini, dan kami akan segera memberikan informasi tambahan tentang ini dalam waktu dekat.

“Waktu tujuh hari sudah baik untuk saat ini. Akan tetapi, bagaimanapun pendekatan kami untuk jalan ini akan didasarkan pada syarat-syarat. Saya ulangi, pada syarat-syarat,” ungkap Esper.

Dia menunjukkan bahwa ketika kita bergerak maju, akan ada proses evaluasi yang berkelanjutan. Itu jika meraih kemajuan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung upaya Amerika Serikat dalam negosiasi dengan Taliban.

Namun dia mengingatkan, Taliban harus menunjukkan kemauan dan kemampuan nyata untuk mengurangi kekerasan.

Washington dan Taliban terlibat dalam negosiasi melelahkan yang berlangsung selama lebih dari satu tahun. Kedua pihak membahas cara mengakhiri perang yang terpanjang dalam sejarah perang AS.

The New York Times mengutip pejabat Afghanistan dan Amerika yang mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah memberikan persetujuan bersyaratnya untuk perjanjian dengan Taliban untuk mulai menarik pasukan AS.

BACA JUGA  Perjanjian Dagang, Alasan Trump Tak Sanksi Berat Cina terkait Muslim Uighur

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Tangguhkan Negosiasi, Taliban Tarik Timnya dari Kabul

Afghanistan - Rabu, 08/04/2020 08:35