Rezim Transisi Sudan Bayar Kompensasi Korban Serangan USS Cole

Foto: Serangan Al-Qaidah di kapal USS Cole

KIBLAT.NET, Khartoum – Pemerintah transisi Sudan mengatakan telah mencapai penyelesaian dengan keluarga para korban serangan terhadap USS Cole tahun 2000 di Yaman. Ini menjadi bagian dari upaya pemerintah agar dikeluarkan dari daftar terorisme AS. Penyelesaian ini juga menjadi langkah terbaru untuk menjalin hubungan dengan Barat.

Laporan itu mengatakan penyelesaian telah ditandatangani pada 7 Februari. Tidak disebutkan jumlah yang dibayarkan sebagai kompensasi, tetapi sumber dengan syarat anonim, mengatakan Sudan telah setuju untuk menyelesaikan kasus ini dengan menyiapkan dana sebesar $ 30 juta.

Awal pekan ini, pemerintah transisi Sudan setuju untuk menyerahkan pemimpin lama Omar al-Bashir ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menghadapi persidangan atas tuduhan kejahatan perang dan genosida selama pertempuran di wilayah Darfur barat.

Pemimpin transisi Sudan, Jenderal Abdel-Fattah Burhan, awal bulan ini bertemu di Uganda dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Israel dan Sudan berencana akan menormalkan hubungan. Pertemuan itu memicu kemarahan di Sudan karena rakyat Sudan tidak senang dengan perubahan mendasar dalam kebijakan luar negeri. Selain itu, pemerintah Sudan tidak dapat memutuskan dengan suara bulat apakah akan memiliki hubungan dengan Israel atau tidak.

Pada saat serangan 12 Oktober 2000 di pelabuhan Yaman Aden, 17 pelaut AS tewas dan lebih dari tiga lusin lainnya terluka. Sudan dituduh memberikan dukungan kepada Al-Qaidah, yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

BACA JUGA  Mali Buka Saluran Komunikasi dengan Kelompok-kelompok Jihadis

Penghapusan dari daftar teror AS akan mengakhiri isolasi ekonomi Sudan dan akan memungkinkannya untuk mengambil pinjaman yang sangat dibutuhkan dari lembaga keuangan internasional dalam rangka membangun kembali ekonomi setelah penggulingan al-Bashir dan melantik kedaulatan sipil-militer bersama militer.

Penguasa baru Sudan mengatakan tidak bertanggung jawab atas serangan terhadap USS Cole. Mereka telah menegosiasikan kesepakatan “untuk menyelesaikan sebutan teroris yang diwarisi dari pemerintah al-Bashir yang digulingkan”.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga