WHO: Virus Corona Dapat Pengaruhi Dua Pertiga Populasi Dunia

Foto: Virus corona

KIBLAT.NET, Beijing – Virus corona baru yang secara resmi dinamai COVID-19, dapat mempengaruhi hingga dua pertiga populasi dunia. Demikian laporang Bloomberg dalam sebuah artikel Kamis (13/02/2020) malam, mengutip seorang spesialis yang bekerja untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penasihat WHO Ira Longini, yang meneliti tentang penularan virus di China, mengatakan bahwa “melakukan isolasi dan karantina tidak akan menghentikan virus ini.”

“Kecuali perubahan transmisibilitas, pengawasan dan penahanan hanya dapat bekerja dengan baik,” lanjutnya.

Gabriel Leung, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Hong Kong, memiliki pandangan yang sama dengan Longini.

Ilmuwan itu juga memperingatkan bahwa hampir dua pertiga dari dunia dapat tertular virus “jika dibiarkan tidak terkendali.”

Angka kematian resmi China dalam kasus virus corona baru meningkat tajam pada hari yang sama ketika Singapura melaporkan lonjakan kasus virus tersebut. Kondisi ini memicu kekhawatiran bahwa wabah ini jauh lebih buruk daripada yang dilaporkan.

Di tengah lonjakan tiba-tiba jumlah kematian yang disebabkan oleh virus corona baru di China. 242 kematian baru dilaporkan di Hubei dan ibukotanya, Wuhan, tempat puluhan juta orang dikarantina.

Sebanyak 14.840 orang dipastikan terinfeksi di Hubei saja, dengan kasus baru dan kematian meningkat sejauh ini. Di luar Hubei, ada 12 kematian lagi tetapi jumlah kasus baru turun pada hari kesembilan berturut-turut, dengan 312 pasien tambahan.

BACA JUGA  WHO: Krisis Pandemi Masih Jauh Dari Akhir

Selain meningkatnya jumlah kasus virus corona, Vietnam menempatkan 10.000 orang di bawah karantina setelah enam kasus COVID-19 ditemukan di beberapa desa.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga