Kementerian Agama Tengah Siapkan Regulasi Turunan UU Pesantren

Foto: Menag, Fachrul Razi

KIBLAT.NET, Kediri – Menteri Agama Fachrul razi mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan regulasi atau peraturan sebagai turunan Undang-Undang Pesantren yang diresmikan pada 2019 lalu. Ia pun berharap agar regulasi tersebut dapat rampung pada tahun ini.

Hal itu disampaikannya saat menutup gelaran Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se Jawa Madura di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur pada Kamis (13/02/2020).

“Penting saya informasikan bahwa regulasi atau peraturan sebagai turunan UU Pesantren sedang disiapkan Kemenag. Semoga tahun ini bisa diselesaikan sehingga segera ada aturan yang benar-benar berpihak kepada kepentingan besar pesantren,”ujarnya.

“Secara pribadi, saya selalu yakin bahwa jika pesantren semakin maju maka pasti bangsa ini semakin maju pula,”tambah Facrul Razi.

Ia memaparkan, jumlah pesantren hingga tahun 2020 ini tercatat sebanyak 28.194 pesantren dengan 5 juta santri mukim (asrama). Menurutnya, jika ditotalkan dengan jumlah santri non-mukim dan jumlah murid TPA dan Madrasah, maka jumlah santri di Indonesia berkisar pada 18 juta orang dengan 1,5 juta tenaga pengajar.

Dalam kesempatan itu, Fachrul Razi juga mengklaim bahwa terbitnya UU Pesantren bukanlah untuk menyeragamkan pesantren atau mengatur pesantren agar mengikuti kemauan pemerintah.

“Akan tetapi UU hadir dalam rangka menjaga keunikan dan kekhasan Pondok pesantren,” klaim Menag.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Bantu Mereka yang Tak Bisa #DiRumahAja Saat Wabah Corona

Info Event - Selasa, 31/03/2020 12:21

Fraksi PAN: Penerapan Darurat Sipil Kurang Tepat

Indonesia - Selasa, 31/03/2020 11:50