Erdogan: Operasi Militer Turki di Idlib Sudah Dekat

Foto: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

KIBLAT.NET, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (19/02/2020), mengancam operasi militer memerangi pasukan Suriah dalam waktu dekat di provinsi Idlib, Suriah. Wilayah oposisi Suriah terakhir itu menjadi saksi bentrokan antara pasukan rezim Ankara dan Suriah dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam sebuah pidato di Ankara, Erdogan menyerukan rezim Suriah menarik diri dari beberapa lokasi di Idlib pada akhir bulan ini. Ia memperingatkan bahwa seruan ini merupakan peringatan terakhir.

“Ini adalah peringatan terakhir kami. Operasi di Idlib sudah dekat,” ancam Erdogan.

Ancaman-ancaman ini datang pada saat perundingan antara Ankara dan Moskow gagal meredakan ketegangan di wilayah Idlib.

Erdogan mengatakan bahwa perundingan yang bergulir antara Turki dan Rusia, maupun perundingan yang terjadi di darat tidak memungkinkan mencapai hasil yang diinginkan.

“Kami sangat jauh dari titik yang ingin kami capai, ini benar. Tetapi pembicaraan (dengan Rusia) akan berlanjut,” tambahnya.

Pada bulan Desember, pasukan rezim, dengan dukungan Rusia, memulai serangan besar-besaran di Idlib dan di sekitarnya. Operasi-operasi pada awalnya berfokus di pedesaan selatan Idlib, kemudian di pedesaan barat Aleppo yang berdekatan.

Turki telah memperkuat posisi militernya di Idlib dalam beberapa pekan terakhir, dan terlibat pertempuran dengan pasukan Suriah.

Eskalasi tersebut mendorong hampir 900.000 orang, sebagian besar dari mereka wanita dan anak-anak, untuk melarikan diri, menurut laporan PBB awal pekan ini. Gelombang pemindahan ini adalah yang terbesar sejak konflik dimulai pada Maret 2011.

BACA JUGA  Langkah Turki untuk Tekan Penyebaran Corona dan Gejolak Ekonomi

Ankara mengirim beberapa peringatan ke Damaskus, dan mengancam akan menyerang pasukannya “di mana saja” jika ia mengulangi serangannya terhadap pasukan Turki yang ditempatkan di Idlib.

“Kami membuat semua persiapan untuk memungkinkan kami melaksanakan rencana kami. Kami bertekad untuk menjadikan Idlib tempat yang aman bagi Turki dan semua warga lokal, tidak peduli biayanya,” kata Erdogan.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Erdogan Ancam Militer Suriah

Turki - Kamis, 13/02/2020 07:17