Jika Pengidap Corona Sholat Jumat, Bisa Terjadi Madhorot yang Lebih Besar

Foto: wawan Gunawan (sumber: menara 62)

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Pengurus Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menekankan bahwa orang yang terkena corona tidak boleh melaksanakan sholat Jumat atau jamaah.

“Imbauan dari Pimpinan Muhammadiyah, yang terpapar Covid 19 dia tidak boleh menjadi bagian dari jamaah sholat. Kemudian yang kedua, kalau betul-betul sudah dalam suasana darurat, Sholat Jumat itu diganti menjadi dzuhur,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (17/03/2020).

Ia juga menilai bahwa, memang ada yang mengatakan bahwa orang buta pun tetap harus ke masjid. Namun, harus tetap membaca hadist lain bahwa orang sakit saja dikecualikan untuk tidak melakukan sholat jum’at.

“Orang sakit saja dikecualikan untuk tidak sholat jumat, musafir juga. Dalam kondisi misalnya ada kedaruratan, suasana psikologis masyarakat dalam kondisi khawatir, maka diperbolehkan,” tuturnya.

Menurutnya, Ibnul Qayim Al-Jauziah mengatakan hukum itu bisa berubah atau beralih. Hal ini dikarenakan situasi, tempat, waktu, tradisi antara satu waktu dengan waktu lain tidak sama.

“Ada juga hadist riwayat Bukhori Muslim yang menekankan bahwa yang sakit dan yang sehat tidak boleh berbaur, tidak boleh kita masuk pada wilayah yang memadhorotkan,” ujarnya.

Maka, ia menegaskan bahwa jika dalam kondisi darurat ataupun pasien corona tetap melaksanakan sholat jumat, akan terjadi madhorot yang lebih besar.

“Sholat Jumat dalam kondisi normal itu suatu kewajiban, pengajian pun salah satu kebajikan yang dituntuntukan agama. Pun demikian selenggarakan pengajian akbar dalam suasana kedaruratan pandemi Corona adalah masalah yang berbeda. Peristiwa tabligh Akbar di Malaysia itu menjadi pelajaran,” pungkasnya.

BACA JUGA  PKS: RUU Cipta Kerja Jauh Panggang dari Api

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga