Rizal Ramli: Tanpa Corona, Ekonomi Kita Tetap Anjlok

Foto: Rizal Ramli (sumber: Wartaekonomi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ekonom Rizal Ramli menegaskan bahwa tanpa adanya virus corona di Indonesia akan tetap anjlok. Ia memaparkan bahwa salah satu sebabnya dikarenakan Indonesia terlalu banyak berhutang.

“Tanpa corona pun ekonomi Indonesia 2020 bakal anjlok ke 4 persen karena mabuk hutang dan salah urus. Ada karena makro ekonomi yang semua indikatornya negatif, yang kedua ada gagal bayar yang jumlahnya sangat besar,” katanya di forum ILC Tv One pada Selasa (17/03/2020).

Ia juga memaparkan bahwa saat ini penanganan corona masih belum optimal. Maka, Rizal menegaskan bahwa hal itu akan memperburuk kondisi ekonomi di Indonesia.

“Penanganan belum optimal, bisa-bisa efeknya untuk ekonomi akan anjlok lagi tambah minus 2 persen. Jadi buntutnya tahun 2020 kita hanya akan tumbuh 2 persen. Karena dampaknya bukan dari kesehatan tapi juga ekonomi,” tuturnya.

Rizal mengimbau bahwa saat ini sebaiknya pemerintah menyetop sementara proyek inftastruktur. Dana tersebut kemudian dialihkan ke tiga sektor. Yaitu ke kesehatan, makanan dan daya beli untuk rakyat miskin.

“Ketika krisis 98, semua pryek dihentikan dulu delay 1 tahun. Kecuali proyek sekala kecil. Waktunya menyetop proyek-proyek insfratruktur yang besar, jangan ngimpi bikin pryek, apalagi pindah ibu kota,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

Indonesia - Senin, 03/08/2020 10:25