Muktamar Muhammadiyah Ditunda Karena Corona

Foto: Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir

KIBLAT.NET, Jakarta – PP Muhammadiyah dan Aisyiyah menunda muktamar ke 48. Semula, muktamar akan digelar pada 1-5 Juli 2020 di Surakarta. Namun diundur menjadi 24 sampai 27 Desember 2020.

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir penundaan ini dikarenakan adanya wabah Corona yang sedang melanda Indonesia.

“Ini merupakan wujud langkah dan kebijakan pimpinan pusat Muhammadiyah yang berkaitan dengan musibah nasional dan global yakni meluasnya virus Corona,” kata Haedar di akun instagram pribadinya pada Senin (23//03/2020).

Ia menegaskan bahwa virus tersebut saat ini tidak hanya menyebar di lingkup global. Namun, Covid-19 sudah meluas di Indonesia.

“Kami juga mempertimbangkan bahwa kepentingan umum yang menyangkut menjaga jiwa manusia harus diutamakan dalam situasi darurat seperti ini. Karena hal ini menyangkut kepentingan masyarakat luas bukan hanya kepentingan kita Muhammadiyah,” ucapnya.

Haedar menegaskan bahwa Islam mengajarkan untuk menjauhi hal-hal yang menimbulkan madhorot. Selain itu, menghindari kerusakan lebih diutamakan atas upaya membawa kebaikan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga