70 Tentara Nigeria Tewas Disergap Gerilyawan Jihadis

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Borno – Sedikitnya 70 tentara Nigeria tewas disergap kelompok jihadis saat berkonvoi di timur laut negara itu, kata sumber militer dan keamanan seperti dilansir dari AFP pada Selasa (24/03/2020).

Dua tentara Nigeria yang meminta namanya tidak diungkap mengatakan kepada AFP bahwa bahwa gerilyawan Islam menembakkan granat dan menggunakan senapan mesin menembaki bus yang membawa tentara ketika mereka lewat di dekat desa Gorgi di Negara Bagian Borno pada Senin (23/03/2020).

Salah satu dari keduanya menambahkan bahwa ini kerugian yang sangat besar. Setidaknya 70 tentara tewas dalam serangan itu.

“Para teroris secara khusus menargetkan sebuah truk yang membawa tentara yang dipersenjatai dengan senjata RPG sebelum mereka membakarnya. Semua tentara di atas truk tewas,” ujar salah satu tentara itu.

Ia menunjukkan, sejauh ini sebanyak 70 mayat tentara ditemukan. Akan tetapi, jumlah korban pasti lebih tinggi karena operasi penyelamatan terus berlanjut.

Kedua pejabat militer mengatakan bahwa beberapa prajurit lainnya terluka dan beberapa lainnya ditawan.

Seorang juru bicara militer Nigeria mengatakan kepada AFP bahwa ia tidak dapat mengomentari serangan itu.

Konvoi militer itu berangkat dari ibu kota, Maiduguri, dalam perjalanan untuk melancarkan serangan ke sebuah kamp bagi para jihadis yang berafiliasi dengan Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah itu. Demikian kata seorang anggota milisi yang didukung pemerintah.

BACA JUGA  30 Tentara Mali Tewas Disergap di Kamp Sendiri

ISIS telah melepaskan diri dari Gerakan Boko Haram pada tahun 2016, dan operasinya berfokus pada menyerang tentara dan pangkalan dan menyerang konvoi militer.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Nigeria Klaim Lumpuhkan 57 Anggota Boko Haram

Afrika - Selasa, 11/04/2017 22:02