Facebook Akan Saring Informasi Liar soal Corona

Foto: Facebook.

KIBLAT.NET, Bekasi – Instagram meluncurkan fitur baru pada Selasa (24/03/2020) yang memungkinkan pengguna untuk terhubung lebih mudah melalui video dan konten bersama. Hal ini sebagai bagian dari langkah untuk memudahkan isolasi terkait pandemi virus corona. Jejaring sosial milik Facebook itu juga mengumumkan upaya baru untuk mempromosikan konten yang dapat dipercaya tentang wabah dan menghentikan penyebaran informasi yang salah.

Adam Mosseri, kepala Instagram, mengatakan kepada para jurnalis bahwa fitur “co-watching” yang baru memungkinkan orang untuk terhubung di secara online saat mengobrol lewat video. Ini fitur penting di mana banyak orang di seluruh dunia terputus dari teman dan keluarga karena perintah “berlindung di tempat”.

“Kita bisa memainkan peran dalam membantu mengatasi kesepian itu,” katanya.

Layanan berbagi gambar dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia ini juga mengumumkan akan meningkatkan upaya untuk memberikan informasi yang diverifikasi dan membasmi hoaks.

Mosseri mengatakan Instagram tidak melihat penyebaran informasi yang terkoordinasi, tetapi “saran yang buruk.” dan solusi yang belum terbukti. Dari sini, Instagram mengarahkan pengguna ke informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan kementerian kesehatan setempat.

Instagram mengatakan akan menambahkan “stiker” yang menandakan informasi virus corona yang terverifikasi dan akan menghapus konten tentang klaim kesehatan “kecuali diposting oleh organisasi kesehatan yang kredibel.”

Jejaring sosial itu juga mengatakan akan menawarkan tautan donasi untuk organisasi nirlaba dan menawarkan kiat untuk menjaga jarak sosial (social distance). Inisiatif ini mengikuti upaya serupa oleh Facebook pada platform sosial intinya serta pada layanan Messenger dan WhatsApp dan oleh platform lain seperti YouTube dan Twitter.

BACA JUGA  Uji Coba Pertama Vaksin Virus Corona Dimulai

Lebih dari dua miliar orang menggunakan setidaknya satu “keluarga” aplikasi Facebook setiap hari.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Bantu Mereka yang Tak Bisa #DiRumahAja Saat Wabah Corona

Info Event - Selasa, 31/03/2020 12:21

Fraksi PAN: Penerapan Darurat Sipil Kurang Tepat

Indonesia - Selasa, 31/03/2020 11:50