Pandemi Corona Akan Jadi Gangguan Ekonomi Dunia Terbesar Sejak Perang Dunia Kedua

Foto: (Foto: Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Eropa – Pandemi virus Corona diperkirakan akan menjadi gangguan terbesar terhadap ekonomi global sejak perang dunia kedua. Hal ini diungkapkan oleh Bank Rekonstruksi dan Pembangunan Eropa (EBRD).

Dalam pernyataan yang dirilis pada hari Rabu (08/04/2020), EBRD memperkirakan hal ini akan sangat memengaruhi ekonomi negara-negara berkembang. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa kondisi tersebut akan pulih dengan cepat.

Dalam skenario terbaik, normalitas diperkirakan akan kembali pada paruh kedua tahun 2020. Tetapi jika lockdown dan karantina terus berlanjut, maka dampak terhadap ekonomi akan semakin besar.

“Ini akan memiliki dampak negatif pada tingkat potensi pertumbuhan jangka menengah dan dapat mengakibatkan kerusakan struktural yang parah pada industri layanan konsumen, seperti maskapai penerbangan, bioskop dan restoran, meskipun yang lain, termasuk pengiriman makanan, dapat mengambil manfaat (dari kondisi ini),” ujar EDRB dalam pernyataanya.

Bank milik Uni Eropa tersebut juga memperingatkan tentang naiknya utang publik akibat pandemi virus Corona. Menurut EDRB, selain beban fiskal yang besar, lockdown juga akan membuat utang publik meningkat tajam.

“Tingkat utang baru ini mungkin terjangkau di beberapa negara karena tingkat bunga riil yang sangat rendah, tetapi negara-negara lain mungkin menghadapi kendala fiskal yang mencekik,” imbuh EDRB.

Setelah muncul di China pada Desember lalu, virus Corona telah menyebar ke setidaknya 184 negara dan wilayah. Hal ini berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins yang berbasis di Amerika Serikat.

BACA JUGA  Pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Belum Urgen

Lebih dari 1,45 juta kasus infeksi telah dilaporkan di seluruh dunia. Dan Eropa menjadi benua yang paling terdampak pandemi ini.

 

Sumber: AA

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Bantuan Dana untuk 13 Juta Pekerja Dinilai Mendadak

Indonesia - Kamis, 06/08/2020 14:30

Pemerintah Janji Beri Bantuan ke 13 Juta Pekerja

Indonesia - Kamis, 06/08/2020 13:34

Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

Indonesia - Senin, 03/08/2020 10:25