Jalani Rapid Test di Lapas, Habib Bahar Negatif Corona

Foto: Habib Bahar bin Smith.

KIBLAT.NET, Bogor – Setelah ditahan kembali pada Selasa (19/05/2020), Habib Bahar bin Smith menjalani rapid test atau tes cepat dan hasilnya negatif reaktif Covid-19.

Rapid test tersebut dilakukan saat Habib Bahar kembali menjalani penahanan pasca pencabutan asimilasi terhadap dirinya di Lapas Gunung Sindur, Bogor, namun saat ini yang bersangkutan sudah dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Rapid test hasilnya sehat, dia negatif,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris di Bandung, Rabu (20/05/2020), dikutip dari Antara.

Saat di Lapas Gunung Sindur, kata Aris, Habib Bahar juga sudah dipertemukan dengan keluarga dan kuasa hukumnya. Saat itu, Aris memastikan kondisi pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu dalam kondisi yang sehat.

Meski demikian, menurut Aris, Habib Bahar sebetulnya tidak diperbolehkan untuk bertemu dengan siapapun kecuali ada kebutuhan yang mendesak.

Pada Selasa (19/05/2020), massa pendukung Habib Bahar memang sempat memadati Lapas Gunung Sindur. Mereka menuntut untuk bertemu Habib Bahar guna memastikan kondisinya dalam keadaan yang sehat.

Namun, tutur Aris, pihak lapas hanya memperbolehkan keluarga beserta kuasa hukumnya untuk bertemu. Lalu pihak keluarga menyampaikan kepada massa bahwa Habib Bahar dalam keadaan sehat.

“Massa kan ingin ketemu, tapi kan kalau Covid-19 ini tidak bisa ketemu, istrinya sudah ketemu dan dikasih tahu bahwa dia sehat,” kata Aris.

BACA JUGA  Ledakan Dahsyat Lebanon Berasal dari 2.750 Ton Amonium Nitrat

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith telah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada Selasa (19/05/2020) malam.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan pemindahan tersebut dilakukan setelah simpatisan pendukung Habib Bahar dinilai melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat mengunjungi Lapas Kelas II A Gunung Sindur, Bogor.

Sumber: Antara
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Dampak Pandemi Corona, Laba Pizza Hut Turun 89%

Indonesia - Senin, 03/08/2020 10:25