Negara-negara Arab Serentak Umumkan Idul Fitri Hari Ahad 24 Mei

Foto: Idul Fitri

KIBLAT.NET – Negara-negara Muslim mengumumkan bahwa hari Ahad adalah hari pertama Idul Fitri atau 1 Syawal 1441 H.

Komite Investigasi Visi Bulan Sabit di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengkonfirmasi bahwa hari Sabtu adalah akhir bulan Ramadhan, dan hari Ahad itu adalah hari pertama Idul Fitri. Mufti Palestina juga mengumumkan hal serupa.

Arab Saudi, Kuwait, Yaman, Emirat, dan Yordania juga mengumumkan bahwa Sabtu adalah akhir bulan Ramadhan dengan digenapkan 30 hari, dan hari Ahad adalah hari pertama Idul Fitri.

Sementara Mufti Tunisia mengungkapkan bahwa Sabtu menandai berakhirnya Ramadhan, dan hari Ahad adalah hari pertama liburan.

Turki mengatakan bahwa hari libur dimulai pada hari Ahad berdasarkan perhitungan astronomi.

Mufti Mesir juga menyatakan bahwa hari Sabtu adalah kelanjutan Ramadhan, dan hari Ahad itu adalah hari pertama liburan.

Mufti Besar Libya mengungkapkan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi bahwa Sabtu adalah kelanjutan dari bulan Ramadhan

Kementerian Wakaf Somalia mengonfirmasikan bahwa hari Sabtu adalah selesainya bulan Ramadhan, dan hari Ahad itu adalah hari pertama liburan.

Pada gilirannya, Kantor Wakaf Sunni di Irak mengumumkan bahwa hari Ahad adalah hari pertama Idul Fitri.

Di Manama, Otoritas Visi Syariah mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa hari Ahad adalah hari pertama Idul Fitri.

Negara-negara Arab lainnya, seperti Kesultanan Oman, Sudan dan Maroko, yang menyelidiki hilal Syawal pada Sabtu malam, ketika Ramadhan dimulai di sana pada tanggal 25 April lalu.

BACA JUGA  Media Rusia: Di Tengah Gaduh Corona, Cina Bersiap Beli Setengah Dunia

Banyak negara Muslim memutuskan untuk tidak melakukan sholat Ied di masjid karena pandemi corona, dan mereka disarankan untuk melakukannya di rumah.

Sumber: Anadolu
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Peradaban Sedekah

Suara Pembaca - Sabtu, 23/05/2020 06:11