Ahok Lelang Batik yang Dikenakan Saat Sidang, Ditawar Sampai Rp 100 Juta

Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat sidang ke-4 kasus penistaan agama

KIBLAT.NET, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melelang 19 baju batik yang dikenakan selama sidang penistaan agama. Lelang tersebut bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-54 pada 29 Juni 2020.

“Batik sidang pertama sudah mencapai tawaran hingga Rp100 juta,” kata Ahok melalui Instagram pribadinya @basukibtp pada Kamis (02/07/2020).

Setelah tawaran pertama tersebut, kini Ahok kembali melelang batik sidang keduanya. Motif batik tulis yang dikenakannya merupakan batik sogan dengan motif debyah. Makna dari motif debyah ini menurut Ahok, mengandung filosofi bunga teratai yang sedang mekar.

“Diharapkan, sang pemakai motif ini dapat ‘mekar’ karirnya setelah menjalani sidang,” ujarnya.

Ahok pun menceritakan dirinya yang terlihat tegar saat Jaksa Penuntut Umum menolak seluruh alasannya dalam nota pembelaan. Selain itu, motif batik tersebut juga dikenakan Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Hari Batik Nasional yakni Rabu, 2 Oktober 2013.

“Kini, bunga teratai tersebut, percaya atau tidak, terbukti ‘mekar’ pada kedua sosok negarawan ini,” klaim Ahok.

Jika batik pertama dibuka dengan harga RP 54, maka batik kedua ini dibuka dengan harga Rp 2.906 sesuai tanggal kelahirannya.

Sebelumnya, Ahok pernah tersandung kasus penodaan agama lantaran mengutip Surat Al Maidah ayat 51 saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok didakwa dengan dua pasal alternatif, yakni Pasal 156a KUHP dan atau Pasal 156 KUHP.

BACA JUGA  Ini Imbauan MUI Soal Rangkaian Pemotongan Hewan Qurban

Akhirnya pada 9 Mei 2017, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pun menyatakan Ahok bersalah dan menjatuhkan vonis hukuman 2 tahun penjara.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

One comment on “Ahok Lelang Batik yang Dikenakan Saat Sidang, Ditawar Sampai Rp 100 Juta”

  1. Firman Ahmad

    Orang Cina kalau masalah uang mah juaranya. Merehabilitasi dirinya saja dengan jualan. Ujung-ujungnya bisnis. Apakah dengan berhasil melelang bajunya dengan harga tinggi ia dianggap dihormati? Pada akhirnya yang membelinya mungkin adalah pendukungnya yang akan terus mendukungnya walaupun yang dilakukannya salah. Bahasa sederhananya taqlid buta.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Polisi Tangkap Dua Penghina Ahok di Medsos

Indonesia - Kamis, 30/07/2020 20:13

Pernah Jadi Napi, Ahok Tak Bisa Jadi Menteri

Indonesia - Ahad, 05/07/2020 21:29