Mayat WN Indonesia Ditemukan di Kapal Ikan Cina

KIBLAT.NET, Jakarta – Mayat lelaki Indonesia yang membeku ditemukan di atas kapal penangkap ikan Cina yang ditahan. Demikian laporan Polri pada Kamis (09/07/2020).

Polri mengatakan telah mencegat dua kapal di Selat Malaka minggu ini setelah menerima informasi bahwa seorang anggota awak tewas di salah satu kapal.

“Pria berusia 20 tahun itu mungkin telah disiksa dan tubuhnya disimpan di dalam freezer kapal Lu Huang Yuan Yu 117 sejak akhir Juni,” kata juru bicara kepolisian.

“Korban mengalami cedera fisik, tetapi kami sedang melakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian,” katanya kepada AFP.

Puluhan anggota awak yang berasal dari Cina, Indonesia dan Filipina ditanyai sehubungan dengan kematian pria itu.

Para ahli anti-perdagangan mengatakan industri perikanan penuh dengan kerja paksa. Pekerja yang dieksploitasi sering tidak dibayar, bekerja terlalu keras, menghadapi kekerasan dan kematian.

Indonesia dan Asia Tenggara adalah sumber utama tenaga kerja semacam itu. Para pedagang yang tidak bermoral menyasar orang miskin dan tidak berpendidikan dengan janji upah yang baik di laut.

Pada bulan Juni, dua anggota awak Indonesia melompat dari kapal Cina untuk melarikan diri dari apa yang mereka sebut pelecehan dan kondisi mengerikan.

Mereka kemudian diselamatkan oleh kapal penangkap ikan Indonesia dan polisi mengatakan telah menangkap sembilan orang dalam kasus tersebut.

Sebulan sebelumnya, tiga anggota awak Indonesia tewas dari sebuah kapal berbendera Cina. Jasad mereka dibuang ke laut.

BACA JUGA  Via Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Erdogan

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga