Hidayat Nur Wahid: Upaya Pembakaran Baliho HRS Bentuk Tindak Pidana

Foto: Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Taufik.)

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid prihatin masih terjadinya tindakan kriminal dan persekusi kepada Imam Masjid dan Ulama, sebagaimana terjadi dengan Imam Masjid di Pekanbaru dan Habib Rizieq Syihab.

Hidayat meminta Kepolisian segera mengusut dan memproses secara hukum pelaku penusukan imam masjid di Pekanbaru dan pelaku ujaran kebencian serta pembakaran dan perobekan baliho Habib Rizieq.

“Penusukan imam masjid di Pekanbaru sudah masuk ke dalam kategori penganiayaan yang terdapat dalam Pasal 351 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP),” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan persnya pada Rabu (29/07/2020).

HNW menambahkan untuk kasus ujaran kebencian dan upaya pembakaran dan perobekan baliho bergambar Habib Rizieq, kepolisian harus menunjukan bahwa Polisi profesional dan berlaku adil. Karenanya Polisi mestinya nyatakan ke publik bahwa tindakan kriminal seperti itu dipastikan akan diusut secara adil.

“Apalagi, beberapa pihak juga melaporkan ke pihak kepolisian terkait tindakan yang telah menghina dan menyebarkan kebencian terhadap Habib Rizieq sebagai ulama yang dihormati dan memiliki pengikut yang sangat banyak,” tukasnya.

Ia menyebutkan bahwa ujaran kebencian serta tindakan menginjak-injak gambar, membakar dan merobek baliho bergambar Habib Rizieq secara akumulatif sudah memenuhi kualifikasi hukuman dalam Pasal 156 KUHP.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga