Rasanya Seperti Mimpi, Kata Seorang Jamaah Haji saat Berjalan di Sekitar Ka’bah

KIBLAT.NET, Riyadh – Haji 2020 dimulai pada hari Rabu ketika 1.000 peziarah memulai perjalanan mereka di tengah langkah-langkah perlindungan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Para jamaah haji berjalan ke Masjidil Haram di Mekah untuk memulai ritual haji dengan tawaf pertama mereka, mengelilingi Ka’bah.

“Ini adalah perasaan yang tak terlukiskan,” kata Mohamed Ibrahim (43), seorang tukang listrik Mesir dari Madinah. “Rasanya seperti mimpi.”

Para peziarah diarahkan ke masjid dalam kelompok-kelompok kecil, berjalan di sepanjang jalan yang ditandai di lantai, berbeda dengan lautan manusia yang biasanya berputar di sekitar Kabah selama haji.

Angka dibatasi tahun ini menjadi sekitar 1.000, dibandingkan dengan 2,5 juta yang biasa, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Petugas perempuan bertugas dengan pasukan polisi Mekah pada musim haji ini untuk pertama kalinya sejak perempuan dimungkinkan untuk melayani pada tahun 2019.

Peziarah Makedonia Hamide Halimi mengatakan kepada Arab News bahwa dia senang bisa melakukan haji. “Dalam grup, kami adalah wanita berusia 20-an dan sepanjang pengalaman ini, saya hanya bersama wanita … ini adalah pengalaman persaudaraan yang luar biasa,” katanya.

Halimi telah melakukan Umrah sebelumnya, tetapi kerumunan orang begitu besar sehingga dia jauh dari Ka’bah dan harus berjalan-jalan dari atap Masjidil Haram. Tahun ini dia seolah tidak percaya seberapa dekat dia dengan Ka’bah. “Itu adalah momen nyata bahwa saya tidak pernah bisa membayangkan terjadi,” katanya.

BACA JUGA  Protokol Haji 2020: Jamaah Wajib Karantina Sebelum dan Sesudah Beribadah

Kemudian pada hari Rabu, para peziarah kembali ke penginapan mereka di Mina untuk menghabiskan malam dalam dengan doa dan munajat. Pada hari Kamis, di puncak spiritual Haji, mereka akan mendaki Gunung Arafah.

Ammar Khaled (29), seorang peziarah India yang lahir dan besar di Arab Saudi, mengatakan bahwa meskipun dia sendirian berhaji, dia berdoa untuk orang-orang yang dicintainya. “Kata-kata tidak cukup untuk menjelaskan betapa aku merasa mendapatkan barakah,” katanya.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Haji 2020: Ini Sejumlah Fasilitas Kesehatan untuk Jamaah

Arab Saudi - Senin, 27/07/2020 07:33