Presiden Kritik Menteri, PKS: Rakyat Ingin Lihat Aksi Nyata, Bukan Retorika

Foto: Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Jokowi kembali mengkritik keras kinerja menteri-menterinya yang lambat dalam penyerapan anggaran penanganan dampak Covid-19.

Menurut Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, penyerapan anggaran K/L yang rendah ini kontras dengan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi dampak covid-19. “Ibarat rakyat sudah terkapar, pemerintah baru sadar,” ungkap Jazuli kepada Kiblat.net, Rabu (05/08/2020).

Anggota Komisi I DPR ini mendorong Presiden untuk lebih ketat mengontrol menteri-menterinya agar segera merealisasikan anggaran. Terutama anggaran yang langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat baik sifatnya bantuan langsung maupun stimulus. Tentu harus tetap akuntabel.

Sebaliknya, Anggota DPR Dapil Banten ini meminta Presiden tidak perlu terlalu sering mengumbar kiritik keras kepada menteri-menterinya ke luar. Menurutnya, yang ingin dilihat oleh masyarakat adalah aksi nyatanya bukan retorikanya.

“Kalau ada menteri yang dirasa tidak bisa membantu dan lambat kinerjanya ya di-reshuffle saja,” cetus Jazuli.

Jazuli sepenuhnya setuju kritik Presiden kepada pembantunya, tapi jangan lupa Presiden Jokowi juga yang pegang kendali.

“Substansi kritiknya, kita semua pasti setuju, bahwa pemerintah lambat. PKS sudah lama mengkritik. Cara mengatasi atau menjawab kritik sepenuhnya tanggung jawab Presiden untuk mempercepat. Masyarakat luas cukup tau hasilnya, merasakan dampaknya, sementara prosesnya ada pada kendali pemerintah dan diawasi DPR,” pungkas Jazuli.

Reporter: Taufiq Izhaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Menteri Agama Sembuh dari Covid-19

Indonesia - Kamis, 01/10/2020 13:06

Kondisi Stabil, Menag Akan Jalani Swab Lanjutan

Indonesia - Rabu, 23/09/2020 14:31

CLOSE
CLOSE