LPTQ Klaim Larangan Menutup Wajah Saat MTQ untuk Hindari Kecurangan

Foto: Sekretaris Umum LPTQ, Juraidi

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Juraidi membenarkan adanya aturan tampil tanpa penutup wajah pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Menurutnya, aturan tersebut disepakati pada Rakernas LPTQ ke-19.

“Peraturan peserta saat tampil dilarang memakai penutup wajah sudah disetujui saat Rakernas Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) ke-19 Nasional tanggal 12 November 2019,” katanya seperti dikutip dari website Bimas Islam, Jumat (11/09/2020).

Ia menyebut bahwa peraturan ini disepakati untuk keperluan penilaian yang adil dan lebih obyektif bagi dewan hakim. Aturan ini diharapkan dapat menghindari kecurigaan terhadap peserta, misalnya apakah memakai bantuan earphone, dan lainnya.

Juraidi menilai, peristiwa diskualifikasi peserta saat akan tampil pada MTQ Sumatera Utara disebabkan kurangnya sosialisasi. Dia meminta LPTQ Wilayah untuk lebih mengintensifkan sosialisasi agar hal yang sama tidak terulang.

Aturan baru lainnya yang disepakati pada Rakernas ke-19 adalah, ketentuan penggabungan golongan hafalan 1 juz dan tilawah dengan hafalan 10 juz. Perubahan aturan ini dimaksudkan mempersingkat tahapan MTQ.

Sosialisasi penting, kata Juraidi, karena aturan MTQ bersifat dinamis dan selalu dibahas dan disempurnakan dalam forum Rakernas LPTQ.

“Setiap tahun LPTQ mengadakan Rakernas untuk mengevaluasi sekaligus menetapkan ketentuan-ketentuan baru dalam rangka peningkatan kualitas MTQ yang jujur, adil, transparan, dan akuntabel,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

Pembukaan STQ 2015 di Kabupaten Poso Diguyur Hujạn

Indonesia - Ahad, 08/02/2015 15:46

CLOSE
CLOSE