PTUN Jabar Putus Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Tidak Sah

Foto: Sidang SK Pencabutan Asimilasi Habib Bahar

KIBLAT.NET, Bandung – Setelah sidang sebanyak 15 kali, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jawa Barat memutus bahwa pencabtuan asimilasi Habib Bahar bin Smith tidak sah. Hal ini diungkapkan oleh pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar.

“Majelis Halim memutuskan bahwa pencabutan asimilasi Habib Bahar bin Smith oleh Bapas Bogor atau tergugat dinyatakan tidak sah. Dan gugatan penggugat atas pencabutan tersebut diterima oleh Majelis Hakim,” katanya kepada Kiblat.net pada Senin (12/10/2020).

“Sehingga Habib Bahar bin Smith harus dikembalikan asimilasinya,” ujar Aziz yang juga anggota Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) ini.

Ia menyebutkan bahwa Hakim memutus tidak sah pencabutan ini karena cacat prosedur. Selain itu, Surat Keputusan (SK) pencabutan ini juga melanggar Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik (AAUPB).

“Alasannya SK Bapas tidak sah prosedurnya terkait pengeluaran dan kedua melanggar asas-asas umum pemerintahan yang baik terkait SK bapas tersebut. Jadi prosedurnya cacat,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, asimilasi Habib Bahar dicabut oleh Balas Bogor dengan alasan tidak jelas. Atas dasar tersebut, pengacara mengajukan gugatan ke PTUN Jawa Barat untuk menolak SK itu.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Baca Juga

PTUN Jabar Terima Gugatan Pengacara Habib Bahar

Indonesia - Senin, 27/07/2020 13:28

Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Digugat ke PTUN

Indonesia - Rabu, 08/07/2020 12:57

CLOSE
CLOSE