×
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan-Sandiaga Uno

Selasa, 17 Oktober 2017 19:19

Menanti Aksi Anies-Sandi

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di pemilihan gubernur, Anies-Sandi memiliki sejumlah janji kampanye. Kini saatnya menanti keduanya memenuhi janjinya

Turki Masuk Suriah

Senin, 9 Oktober 2017 14:29

Turki Masuk Suriah

Militer Turki mengerahkan operasi tempur ke wilayah Idlib, Suriah, menyusul terciptanya kesepakatan antara Turki, Rusia dan Iran untuk menetapkan zona "penurunan ketegangan" di daerah Idlib dan sekitarnya. Namun kesepakatan itu tidak libatkan kelompok lokal pejuang Suriah seperti Haiah Tahrir al-Sham, Ahrar syam, dan semacamnya.

Timpang Pasal Ujaran Kebencian

Rabu, 4 Oktober 2017 20:29

Timpang Pasal Ujaran Kebencian

Setelah sejumlah nama, seperti Alfian Tanjung dan Muhammad Hidayat dijerat dengan pasal ujaran kebencian atau hate speech, bara-baru ini Jonru Ginting menyusul. Dengan pasal itu mereka tak hanya ditetapkan sebagai tersangka, tapi polisi juga melakukan penahanan. Fakta itu bertolak belakang dengan perlakuan terhadap sejumlh orang yang pernah dilaporkan atas pasal yang sama, misal Ade Armando dan Viktor Laiskodat. Jika yang pertama pernah dicabut status tersangkanya, nama kedua sekali pun polisi belum pernah memeriksanya

5.000 Senjata Untuk Siapa?

Selasa, 26 September 2017 15:47

5.000 Senjata Untuk Siapa?

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melayangkan pernyataan bahwa ada sebuah institusi di negeri ini yang berniat mengimpor senjata, selain TNI-Polri. Pernyataan itu menggelinding bagai bola salju. BIN, Polri dan BNN satu per satu muncul memberikan penjelasan. Tapi siapa yang sebenarnya dimaksud Gatot?

Polemik Uang Elektronik

Senin, 18 September 2017 14:24

Polemik Uang Elektronik

Rencana perbankan memungut biaya transaksi isi ulang (top up) kartu uang elektronik dinilai tidak tepat karena membebani masyarakat. Bagaimana ajaran Islam mengatur transaksi uang elektronik?

Nestapa Muslim Rohingya

Rabu, 6 September 2017 17:12

Nestapa Muslim Rohingya

Derita etnis Muslim Rohingya tak juga berkesudahan. Setelah sekian lama menjadi bahan pembicaraan dunia, mereka masih saja menjadi sasaran genosida. Kini hampir 100.000 warga Rohingya kembali meninggalkan Rakhine yang menjadi tanah tumpah darah mereka, terusir karena kebiadaban rezim dan ekstremis Budha Myanmar. Mengungsi jadi pilihan untuk melanjutkan kehidupan, meski sebagian memilih bertahan untuk melakukan perlawanan

Haji Satukan Umat

Selasa, 29 Agustus 2017 14:47

Haji Satukan Umat

Ibadah haji mengajarkan untuk mengadopsi Islam secara kaffah. Ibadah haji mengajarkan bahwa Islam tidak memisahkan urusan ibadah, keluarga, moral dengan masalah politik, pemerintahan, ekonomi, pidana, sosial dan semua aspek kehidupan.

Merah Putih Terbalik

Selasa, 22 Agustus 2017 14:10

Merah Putih Terbalik

Panitia perhelatan SEAGAMES 2017 memasang bendera merah putih secara terbalik. Banyak pihak anggap simbol negara dilecehkan. Hal ini memicu kembali perseteruan antar dua negara serumpun, Indonesia-Malaysia. Apakah sebenarnya identitas politik seseorang ditentukan oleh bendera dan kebangsaan?

Sudahkah Kita Merdeka?

Selasa, 15 Agustus 2017 17:25

Sudahkah Kita Merdeka?

Pada tanggal 17 Agustus 2017 ini, genap sudah 72 tahun Indonesia ini merayakan kemerdekaannya. Namun melihat situasi politik dan ekonomi bangsa ini, sudahkah kita benar-benar mereka?